
Ciri-ciri Karya-karya Plato

Plato dan Socrates dalam lukisan abad pertengahan.
- Bersifat Sokratik
- Berbentuk dialog
- Adanya mite-mite
Verhaak menggolongkan tulisan Platon ke dalam karya sastra bukan ke dalam karya ilmiah yang sistematis karena dua ciri yang terakhir, yakni dalam tulisannya terkandung mite-mite dan berbentuk dialog.[4]
Pandangan Plato tentang Ide-ide, Dunia Ide dan Dunia Indrawi
Idea-idea
Sumbangsih Plato yang terpenting adalah pandangannya mengenai idea.[5] Pandangan Plato terhadap idea-idea dipengaruhi oleh pandangan Sokrates tentang definisi.[5] Idea yang dimaksud oleh Plato bukanlah ide yang dimaksud oleh orang modern.[5] Orang-orang modern berpendapat ide adalah gagasan atau tanggapan yang ada di dalam pemikiran saja.[rujukan?] Menurut Plato idea tidak diciptakan oleh pemikiran manusia.[5] Idea tidak tergantung pada pemikiran manusia, melainkan pikiran manusia yang tergantung pada idea.[5] Idea adalah citra pokok dan perdana dari realitas, nonmaterial, abadi, dan tidak berubah.[2] Idea sudah ada dan berdiri sendiri di luar pemikiran kita.[2]. Idea-idea ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya.[2] Misalnya, idea tentang dua buah lukisan tidak dapat terlepas dari idea dua, idea dua itu sendiri tidak dapat terpisah dengan idea genap.[2] Namun, pada akhirnya terdapat puncak yang paling tinggi di antara hubungan idea-idea tersebut.[2] Puncak inilah yang disebut idea yang “indah”.[2] Idea ini melampaui segala idea yang ada.[2]Dunia Indrawi
Dunia indrawi adalah dunia hitam yang mencakup benda-benda jasmani yang konkret, yang dapat dirasakan oleh panca indera kita.[2] Dunia indrawi ini tiada lain hanyalah refleksi atau bayangan daripada dunia ideal.[5] Selalu terjadi perubahan dalam dunia indrawi ini.[5] Segala sesuatu yang terdapat dalam dunia jasmani ini fana, dapat rusak, dan dapat mati.[5]Dunia Idea
Dunia idea adalah dunia yang hanya terbuka bagi rasio kita.[2] Dalam dunia ini tidak ada perubahan, semua idea bersifat abadi dan tidak dapat diubah.[2] Hanya ada satu idea “yang bagus”, “yang indah”.[3] Di dunia idea semuanya sangat sempurna.[3] Hal ini tidak hanya merujuk kepada barang-barang kasar yang bisa dipegang saja, tetapi juga mengenai konsep-konsep pikiran, hasil buah intelektual.[3] Misalkan saja konsep mengenai "kebajikan" dan "kebenaran".[3]Pandangan Uphy tentang Karya Seni dan Keindahan
Pandangan Cippe Plato tentang Karya Seni
Pandangan Plato tentang karya seni dipengaruhi oleh pandangannya tentang ide.[6] Sikapnya terhadap karya seni sangat jelas dalam bukunya Politeia (Republik).[6] Plato memandang negatif karya seni.[6] Ia menilai karya seni sebagai mimesis mimesos.[6] Menurut Plato, karya seni hanyalah tiruan dari realita yang ada.[6] Realita yang ada adalah tiruan (mimesis) dari yang asli.[6] Yang asli itu adalah yang terdapat dalam ide.[6] Ide jauh lebih unggul, lebih baik, dan lebih indah daripada yang nyata ini.[6]Pandangan Plato tentang Keindahan
Pemahaman Plato tentang keindahan yang dipengaruhi pemahamannya tentang dunia indrawi, yang terdapat dalam Philebus.[rujukan?] Plato berpendapat bahwa keindahan yang sesungguhnya terletak pada dunia ide.[rujukan?] Ia berpendapat bahwa Kesederhanaan adalah ciri khas dari keindahan, baik dalam alam semesta maupun dalam karya seni.[rujukan?] Namun, tetap saja, keindahan yang ada di dalam alam semesta ini hanyalah keindahan semu dan merupakan keindahan pada tingkatan yang lebih rendah.[6]Dialog-dialog Plato
Dialog awal[rujukan?]:Dialog awal/pertengahan[rujukan?]:
Dialog pertengahan[rujukan?]:
Dialog pertengahan-akhir[rujukan?]:
Dialog akhir[rujukan?]:
Yang diragukan otentisitasnya[rujukan?]:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar